Contoh Proposal Kewirausahaan : "Proposal Pen Holder Stik"

BAB I
PEDAHULUAN
A.   Latar Belakang Masalah
Peluang bisnis adalah sebuah kesempatan untuk memulai ataupun membuka sebuah bisnis oleh siapa saja, contohnya seorang sisiwa ingin membuka sebuah bisnis itu tidak ada dalil yang melarangnya untuk memiliki kesempatan dalam mencari, membuka ataupun memulai sebuah peluang bisnis. Tetapi terkadang yang menjadi penghambat ketika akan memulai sebuah bisnis adalah modal, perlu kita ketahui tanpa modal yang besar pun kita bisa memulai sebuah bisnis yaitu dengan mendirikan bisnis dengan modal yang kecil.
            Semoga karya kami ini dapat memberikan ide untuk teman – teman semua yang sedang binggung mencari sebuah peluang bisnis. Tanpa kita sadari sebenarnya peluang bisnis itu muncul dimana – mana. Proposal ini akan membahas tentang pembuatan dan peluang usaha  kerajinan Stik Es Crim. Saya memilih kerajinan tersebut karena bisnis tersebut tidak membuthkan modal yang sangat besar dan yang paling penting stik es crim itu mudah di temukan dimana – mana. Kalaupun tidak ingin mencari stik es krim yang bekas, kita mudah mencarinya di pasar terdekat atau di toko plastic dan tentunya memiliki harga yang murah. Stik es crim memiliki bentuk yang bukan persegi panjang tapi lonjong yang sangat mudah untuk di jadikan karya seni.
Contoh salah satu ide dari kami yaitu pembutan tempat pensil dan handphone dari stik ice cream, dari sini akan menciptakan berbagai macam kreatifitas.
§  Keunggulan yang di miliki dari produk kami ini yaitu bermanfaat bagi kalangan pelajar seperti tempat alat tulis yang bisa digunakan baik disekolah maupun di rumah. Bukan saja bagi kalangan pelajar tetapi bagi masyarakat luas seperti guru, pekerja kantoran, karyawan suatu bank, dan lainnya yang membutuhkan suatu wadah yang unik dan menari dengan tampilan yang cantik yang dapat digunakan untuk menyimpan pulpen,pensil, handphone dan sebagainya.

B. MANFAAT
§  Membantu para wirausaha untuk berfikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan digunakan.
§  Sebagai alat komunikasi dalam memaparkan dan menyalurkan gagasan kepada pihak lain.
§  Sebagai gambaran secara umum dari jenis usaha yang dibuat.

C. TUJUAN
v  Tujuan Umum
a.    Mengasah potensi berkarya
b.    Menumbuhkan jiwa kewirausahaan
c.    Untuk mengembangkan kreatifitas dalam bidang kerajinan stik es krim
d.    Memanfaatkan stik es krim yang mudah ditemui menjadi sebuah peoduk yang unik dan menarik
e.    Sebagai bentuk pembelajaran dalam berwirausaha

v  Tujuan Khusus
a.    Untuk memenuhi tugas Kewirausahaan
b.    Syarat menempuh ujian praktek Kewirausahaan
BAB II
METODE PELAKSANAAN
A.   ASPEK PRODUKSI
v  PRODUK
Produk kerajinan yang kami hasilkan adalah stik es yang unik, yaitu jenis karya dari stik es krim. Karya kerajinan kami adalah “pen holder stick” yaitu tempat untuk menyimpan pulpen dan alat tulis lainnya, tidak hanya itu kerajinan ini juga dapat digunakan untuk menyimpan handphone. Kerajinan ini digunakan disesuaikan dengan kreasi kami dan kebutuhan terutama pelajar. Karya unik ini bersifat universal, tidak hanya anak kecil yang menyukainya tetapi juga para remaja dan orang dewasa. Konsumennya adalah semua kalangan.

v  BAHAN BAKU
Bahan baku utama stik es unik ini adalah stik es krim. Untuk memperindah karya digunakan hiasan pita dan manik-manik.

v  PROSES PRODUKSI
Stik es unik akan diproduksi dengan proses sebagai berikut :
a.    Karya unik yang telah diproduk di galeri pribadi diletak di galeri untuk dihias dengan motif
b.    Kemudian pengrajin kami memoles secantik mungkin sesuai selera pasar
c.    Bagi karya pesanan diminta motif pada konsumen
B.   Aspek Pemasaran
v  Target pemasaran
Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak di bidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari produk-produk yang sudah ada. Yaitu, dengan inovasi stik ice cream, dengan suatu produk yang unik, harga yang ekonomis, dan yang paling penting bermanfaat bagi konsumen. Dengan ini, kami yakin produk yang kami miliki mampu bersaing dengan peserta lainnya. Segmen pasar yang kami tuju untuk kegiatan usaha ini adalah sekolah SMAN 1 Bontang.Diperkirakan dengan jumlah siswa dan guru sekolah SMAN 1 Bontang dapat dijadikan sasaran bidik pasar.
v  Wilayah Pemasaran
Kegiatan usaha ini kami lakukan dengan proses promosi di setiap kelas, ruang guru, dan juga masyarakat sekitar, dan juga sekolah-sekolah yang ada di lingkungan SMAN 1 Bontang. Bidang usaha di kerajinan tangan memiliki peluang yang menjanjikan, karena produk ini merupakan kebutuhan tersier manusia, ditambah lagi dengan banyaknya siswa dan guru di sekolah SMAN 1 Bontang.
v  Situasi Pemasaran
Produk kami banyak pesaing di pasaran maka di sini kami memasaran sesuai dengan sasaran dan target yang pas. Jadi produk kami mampu bersaing di pasaran dan di prediksikan bisa mencapai target yang kami rencanakan. Di mana kami harus selalu aktif menyaring informasi untuk penjualan produk ini. produk bentuk souvenir yang kami ciptakan.
C. Aspek Organisasi atau Managemen
Dalam usaha ini tidak memerlukan banyak orang karena usaha ini masih kecil kecilan. Dan juga tidak membutuhkan orang yang memiliki keahlian khusus, akan tetapi yang dibutuhkan hanyalah sikap tekun, ulet, sabar, dan kerja keras.
Adapun struktur organisasi kelompok kami sebagai berikut :
1)    Ketua kelompok Agya Wahyu H  berperan dalam memimpin dan mengatur penjadwalan berlangsungnya kegiatan pada para anggota dalam kelompok.
2)    Anggota kelompok bertugas melaksanakan perintah ketua kelompok  sekaligus memberi masukan tentang bagaimana cara yang lebih baik untuk melaksanakan kegiatan dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugasnya masing – masing, antara lain :
3)    Hanum Hasyifah F sebagai desain grafis dan penanggung jawab alat dan bahan.
4)    Aisyah Husnayanti , M. Rafid , Stevangki Roinaldo , dan Tia Noviandri sebagai bagian operasional (mengelem, membentuk dan menghias stik).

D. Analisis Swot
Sebelum melaksanakan usaha baru kita perlu mengetahui hal-hal atau aspek-aspek yang berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut diantaranya adalah aspek kekuatan (strength), kelemahan (weakness), kesempatan (opportunities), dan ancaman (threath). Dengan melakukan analisis terhadap hal-hal tersebut diharapkan usaha akan berjalan lancar dan sukses.
Berikut adalah beberapa hal dari masing-masing aspek diatas:
      i.        Strength
1)    Karya ini merupakan kebutuhan ketiga atau tersier.
2)    Karya ini didesain sesuai dengan kebutuhan konsumen sehingga sangat bermanfaat dan berkualitas.
3)    Harga Terjangkau
    ii.        Weakness
1)    Perkembangan jenis karya sangat cepat sehingga sulit untuk lebih mengembangkan ide yang lebih baru lagi.
2)    Banyaknya pesaing yang beroperasi di daerah atau tempat yang sama.
   iii.        Opportunities
1)    Bahan yang digunakan mudah didapat
2)    Pengelolaannya cukup mudah
3)    Mendapatkan keuntungan yang cukup banyak
vi.           Threath
1)    Perkembangan karya yang cepat membuat konsumen akan beralih ke jenis karya yang terbaru lagi.
2)    Pesaing yang membuat produk semakin banyak.

BAB III
PERENCANAAN KEUANGAN
A.   Modal Usaha
Kami menggunakan modal sebesar Rp.12.000,-
B.   Biaya Variabel
No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga
Jumlah Harga
1
Stik es krim
80 biji
Rp. 60,-
Rp. 4.800,-
2
Payet
1 bungkus
Rp. 2.000,-
Rp.2000
3
Pita
  1 meter
Rp.2000,-
Rp. 2000,-
4
Hvs
1 buah
Rp.200,-
Rp. 200,-
5
Lem
1 buah
Rp. 3.000,-
Rp. 3.000,-

C.   Biaya Tetap
No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga
Jumlah Harga
1
Gunting
1 buah
Rp. 4.000,-
Rp. 4.000,-

Note : biaya tetap tidak kami ikutkan dalam perhitungan biaya produksi sebab menggunakan kepemilikan yang ada (barang bekas)

D.   Biaya Produksi
= Rp. 12.000,-


E.   Penentuan Harga Pokok
HPP
Biaya Produksi
Jumlah Produksi
Rp. 12.000,-
1
Sub Total
Rp. 12.000,-

LABA
HPP
X Presentase Laba
Rp. 12.000,-
X 25 %
Sub Total
Rp. 3.000,-

Harga Jual    =    HPP              + Laba yang diinginkan
                        = Rp. 12.000,-   + Rp. 3000,-
= Rp. 15.000,-
F.    Analisis Pendapatan
Pendapatan        =          Harga Jual  × Jumlah Produksi
=          Rp.15.000,- × 1
=          Rp.15.000,-

G.    Analisis Perencanaan Laba / Rugi

Laba                     =          Pendapatan   –         Biaya Produksi
                              =          Rp. 15.000,-  –         Rp. 12.000,-
                              =          Rp. 3.000,-

BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Karya kerajinan tangan berbahan dasar stik ice cream sangat mudah dibuat asalkan ada kemauan dan mempunyai nilai seni bagi si pencipta kerajinan. Bahan - bahan dalam pengerjaan karya kerajinan stik ice cream sangat mudah ditemukan karena itu merupakan bahan - bahan yang sering dijumpai di kehidupan sehari-hari
Adapun tujuan proposal ini yaitu untuk memperkenalkan lebih detail tentang produk kami. Isi dari proposal ini yaitu terdiri dari perkenalan produk, rincian biaya yang dibutuhkan dalam berproduksi, analisis SWOT produk hingga struktur organisasi pengelola. Semoga apa yang tertulis dalam proposal ini dapat dimengerti dengan mudah
Demikianlah yang dapat kami sampaikan semoga dapat  bermanfaat untuk ke depannya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih dan mohon maaf apabila ada kesalahan kata.

B. Saran
    Adapun saran yang ingin kami ungkapkan bagi pembaca.
1.    Untuk tetap melestarikan karya seni kerajinan dari stik es krim danhendaknya kita harus memanfaatkan stik es krim agar tidak terbuang percuma.

2.    Bagi para pengrajin hendaknya berusaha lebih kreatif lagi dalam membuat kerajinan dari bahan stik es krim.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Hasil Praktikum Hukum Hooke

Laporan Hasil Praktikum Asam-Basa

Ayunan Sederhana