Contoh Proposal Kewirausahaan : "Proposal Pen Holder Stik"
BAB I
PEDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Peluang
bisnis adalah sebuah kesempatan untuk memulai ataupun membuka sebuah bisnis
oleh siapa saja, contohnya seorang sisiwa ingin membuka sebuah bisnis itu tidak
ada dalil yang melarangnya untuk memiliki kesempatan dalam mencari, membuka
ataupun memulai sebuah peluang bisnis. Tetapi terkadang yang menjadi penghambat
ketika akan memulai sebuah bisnis adalah modal, perlu kita ketahui tanpa modal
yang besar pun kita bisa memulai sebuah bisnis yaitu dengan mendirikan bisnis
dengan modal yang kecil.
Semoga karya kami ini dapat
memberikan ide untuk teman – teman semua yang sedang binggung mencari sebuah
peluang bisnis. Tanpa kita sadari sebenarnya peluang bisnis itu muncul dimana –
mana. Proposal ini akan membahas tentang pembuatan dan peluang usaha kerajinan Stik Es Crim. Saya memilih
kerajinan tersebut karena bisnis tersebut tidak membuthkan modal yang sangat
besar dan yang paling penting stik es crim itu mudah di temukan dimana – mana.
Kalaupun tidak ingin mencari stik es krim yang bekas, kita mudah mencarinya di
pasar terdekat atau di toko plastic dan tentunya memiliki harga yang murah.
Stik es crim memiliki bentuk yang bukan persegi panjang tapi lonjong yang
sangat mudah untuk di jadikan karya seni.
Contoh
salah satu ide dari kami yaitu pembutan tempat pensil dan handphone dari stik
ice cream, dari sini akan menciptakan berbagai macam kreatifitas.
§ Keunggulan
yang di miliki dari produk kami ini yaitu bermanfaat bagi kalangan pelajar
seperti tempat alat tulis yang bisa digunakan baik disekolah maupun di rumah.
Bukan saja bagi kalangan pelajar tetapi bagi masyarakat luas seperti guru,
pekerja kantoran, karyawan suatu bank, dan lainnya yang membutuhkan suatu wadah
yang unik dan menari dengan tampilan yang cantik yang dapat digunakan untuk
menyimpan pulpen,pensil, handphone dan sebagainya.
B. MANFAAT
§ Membantu
para wirausaha untuk berfikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan
digunakan.
§ Sebagai
alat komunikasi dalam memaparkan dan menyalurkan gagasan kepada pihak lain.
§ Sebagai
gambaran secara umum dari jenis usaha yang dibuat.
C. TUJUAN
v Tujuan
Umum
a.
Mengasah potensi berkarya
b.
Menumbuhkan jiwa kewirausahaan
c.
Untuk mengembangkan kreatifitas dalam bidang
kerajinan stik es krim
d.
Memanfaatkan stik es krim yang mudah ditemui
menjadi sebuah peoduk yang unik dan menarik
e.
Sebagai bentuk pembelajaran dalam
berwirausaha
v Tujuan
Khusus
a.
Untuk memenuhi tugas Kewirausahaan
b. Syarat
menempuh ujian praktek Kewirausahaan
BAB II
METODE PELAKSANAAN
A. ASPEK PRODUKSI
v PRODUK
Produk kerajinan yang kami hasilkan adalah stik es yang
unik, yaitu jenis karya dari stik es krim. Karya kerajinan kami adalah “pen
holder stick” yaitu tempat untuk menyimpan pulpen dan alat tulis lainnya, tidak
hanya itu kerajinan ini juga dapat digunakan untuk menyimpan handphone.
Kerajinan ini digunakan disesuaikan dengan kreasi kami dan kebutuhan terutama
pelajar. Karya unik ini bersifat universal, tidak hanya anak kecil yang
menyukainya tetapi juga para remaja dan orang dewasa. Konsumennya adalah semua
kalangan.
v BAHAN BAKU
Bahan baku utama stik
es unik ini adalah stik es krim. Untuk memperindah karya digunakan hiasan pita
dan manik-manik.
v PROSES PRODUKSI
Stik
es unik akan diproduksi dengan proses sebagai berikut :
a. Karya unik yang telah diproduk di galeri pribadi diletak
di galeri untuk dihias dengan motif
b. Kemudian pengrajin kami memoles secantik mungkin sesuai
selera pasar
c. Bagi karya pesanan diminta motif pada konsumen
B. Aspek Pemasaran
v Target
pemasaran
Jika
melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak di bidang usaha yang sama, memang
sudah cukup banyak. Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari
produk-produk yang sudah ada. Yaitu, dengan inovasi stik ice cream, dengan
suatu produk yang unik, harga yang ekonomis, dan yang paling penting bermanfaat
bagi konsumen. Dengan ini, kami yakin produk yang kami miliki mampu bersaing
dengan peserta lainnya. Segmen pasar yang kami tuju untuk kegiatan usaha ini
adalah sekolah SMAN 1 Bontang.Diperkirakan dengan jumlah siswa dan guru sekolah
SMAN 1 Bontang dapat dijadikan sasaran bidik pasar.
v Wilayah
Pemasaran
Kegiatan
usaha ini kami lakukan dengan proses promosi di setiap kelas, ruang guru, dan
juga masyarakat sekitar, dan juga sekolah-sekolah yang ada di lingkungan SMAN 1
Bontang. Bidang usaha di kerajinan tangan memiliki peluang yang menjanjikan,
karena produk ini merupakan kebutuhan tersier manusia, ditambah lagi dengan
banyaknya siswa dan guru di sekolah SMAN 1 Bontang.
v Situasi
Pemasaran
Produk
kami banyak pesaing di pasaran maka di sini kami memasaran sesuai dengan
sasaran dan target yang pas. Jadi produk kami mampu bersaing di pasaran dan di
prediksikan bisa mencapai target yang kami rencanakan. Di mana kami harus
selalu aktif menyaring informasi untuk penjualan produk ini. produk bentuk
souvenir yang kami ciptakan.
C.
Aspek Organisasi atau Managemen
Dalam
usaha ini tidak memerlukan banyak orang karena usaha ini masih kecil kecilan.
Dan juga tidak membutuhkan orang yang memiliki keahlian khusus, akan tetapi
yang dibutuhkan hanyalah sikap tekun, ulet, sabar, dan kerja keras.
Adapun struktur organisasi
kelompok kami sebagai berikut :
1) Ketua kelompok Agya Wahyu H berperan dalam memimpin dan mengatur
penjadwalan berlangsungnya kegiatan pada para anggota dalam kelompok.
2) Anggota kelompok bertugas melaksanakan perintah ketua
kelompok sekaligus memberi masukan
tentang bagaimana cara yang lebih baik untuk melaksanakan kegiatan dan
melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugasnya masing – masing,
antara lain :
3) Hanum
Hasyifah F sebagai desain grafis dan penanggung jawab alat dan bahan.
4) Aisyah
Husnayanti , M. Rafid , Stevangki Roinaldo , dan Tia Noviandri sebagai bagian
operasional (mengelem, membentuk dan menghias stik).
D.
Analisis Swot
Sebelum
melaksanakan usaha baru kita perlu mengetahui hal-hal atau aspek-aspek yang
berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut diantaranya adalah aspek
kekuatan (strength), kelemahan (weakness), kesempatan (opportunities), dan
ancaman (threath). Dengan melakukan analisis terhadap hal-hal tersebut
diharapkan usaha akan berjalan lancar dan sukses.
Berikut adalah beberapa hal
dari masing-masing aspek diatas:
i.
Strength
1) Karya
ini merupakan kebutuhan ketiga atau tersier.
2) Karya
ini didesain sesuai dengan kebutuhan konsumen sehingga sangat bermanfaat dan
berkualitas.
3) Harga
Terjangkau
ii.
Weakness
1) Perkembangan
jenis karya sangat cepat sehingga sulit untuk lebih mengembangkan ide yang
lebih baru lagi.
2) Banyaknya
pesaing yang beroperasi di daerah atau tempat yang sama.
iii.
Opportunities
1) Bahan
yang digunakan mudah didapat
2) Pengelolaannya
cukup mudah
3) Mendapatkan
keuntungan yang cukup banyak
vi.
Threath
1) Perkembangan
karya yang cepat membuat konsumen akan beralih ke jenis karya yang terbaru
lagi.
2) Pesaing
yang membuat produk semakin banyak.
BAB III
PERENCANAAN KEUANGAN
A.
Modal Usaha
Kami
menggunakan modal sebesar Rp.12.000,-
B.
Biaya Variabel
No
|
Nama
Barang
|
Jumlah
Barang
|
Harga
|
Jumlah
Harga
|
1
|
Stik
es krim
|
80
biji
|
Rp.
60,-
|
Rp.
4.800,-
|
2
|
Payet
|
1
bungkus
|
Rp.
2.000,-
|
Rp.2000
|
3
|
Pita
|
1 meter
|
Rp.2000,-
|
Rp.
2000,-
|
4
|
Hvs
|
1
buah
|
Rp.200,-
|
Rp.
200,-
|
5
|
Lem
|
1
buah
|
Rp.
3.000,-
|
Rp.
3.000,-
|
C.
Biaya Tetap
No
|
Nama
Barang
|
Jumlah
Barang
|
Harga
|
Jumlah
Harga
|
1
|
Gunting
|
1
buah
|
Rp.
4.000,-
|
Rp.
4.000,-
|
Note : biaya tetap tidak kami ikutkan
dalam perhitungan biaya produksi sebab menggunakan kepemilikan yang ada (barang
bekas)
D. Biaya Produksi
=
Rp. 12.000,-
E. Penentuan Harga Pokok
HPP
|
|
Biaya Produksi
|
Jumlah Produksi
|
Rp. 12.000,-
|
1
|
Sub Total
|
Rp. 12.000,-
|
LABA
|
|
HPP
|
X Presentase Laba
|
Rp. 12.000,-
|
X 25 %
|
Sub Total
|
Rp. 3.000,-
|
Harga Jual
= HPP + Laba yang diinginkan
= Rp. 12.000,- + Rp. 3000,-
= Rp. 15.000,-
F.
Analisis Pendapatan
Pendapatan =
Harga Jual × Jumlah Produksi
= Rp.15.000,- × 1
= Rp.15.000,-
G. Analisis Perencanaan Laba / Rugi
Laba
= Pendapatan – Biaya
Produksi
= Rp. 15.000,- – Rp. 12.000,-
= Rp. 3.000,-
BAB
IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Karya kerajinan tangan
berbahan dasar stik ice cream sangat mudah dibuat asalkan ada kemauan dan
mempunyai nilai seni bagi si pencipta kerajinan. Bahan - bahan dalam pengerjaan
karya kerajinan stik ice cream sangat mudah ditemukan karena itu merupakan
bahan - bahan yang sering dijumpai di kehidupan sehari-hari
Adapun tujuan proposal ini yaitu untuk memperkenalkan
lebih detail tentang produk kami. Isi dari proposal ini yaitu terdiri dari
perkenalan produk, rincian biaya yang dibutuhkan dalam berproduksi, analisis
SWOT produk hingga struktur organisasi pengelola. Semoga apa yang tertulis
dalam proposal ini dapat dimengerti dengan mudah
Demikianlah yang dapat kami sampaikan semoga
dapat bermanfaat untuk ke depannya. Atas perhatiannya saya ucapkan
terimakasih dan mohon maaf apabila ada kesalahan kata.
B.
Saran
Adapun saran yang ingin kami ungkapkan bagi
pembaca.
1. Untuk
tetap melestarikan karya seni kerajinan dari stik es krim danhendaknya kita
harus memanfaatkan stik es krim agar tidak terbuang percuma.
2. Bagi
para pengrajin hendaknya berusaha lebih kreatif lagi dalam membuat kerajinan
dari bahan stik es krim.
Komentar
Posting Komentar